Bahaya Pakai Kipas Angin Saat Tidur Malam

Suhu yang sangat panas bukan hanya dapat kita rasakan pada siang hari. Tetapi juga dapat terasa pada malam hari. Namun, apakah menggunakan kipas angin pada malam hari dapat menimbulkan penyakit?

Seperti dikutip dari laman Livescience.com, Selasa (16/10/2018), banyak orang selalu mengeluh saat lupa mematikan kipas angin pada malam hari.

Mereka merasakan ada yang sakit pada bagian tubuh saat kipas masih menyala saat sedang tertidur. Namun, menurut para ahli, penggunaan kipas angin ada bahaya sekaligus manfaatnya juga.

“Tidak ada yang bahaya dari penggunaan kipas angin, sebab dia tidak memiliki racun,” ujar Dr. Len Horovitz, seorang pulmonolog di Lenox Hill Hospital, New York.

Ia menambahkan bahwa kipas angin berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara dan penting agar Anda tidak berkeringat sepanjang malam.

Namun, pergerakan udara yang teramat cepat dengan menggunakan kipas dapat menguapkan air dari mulut dan saluran hidung.

Hal ini jelas berbahaya karena dapat mengeringkan mata, hidung hingga mulut. Oleh karenanya, nyalakan kipas secukupkan jangan gunakan pada kecepatan tinggi.

Sebab, ketika Anda mulai tertidur dan malam semakin larut, suhu di luar semakin dingin dan ini akan berbahaya dan bisa menyebabkan sejumlah penyakit.

Mulai dari kembung, masuk angin dan badan nyeri. Selain itu, menggunakan kipas angin dengan kecepatan penuh mampu menyebarkan debu dan bisa menganggu mereka yang memiliki alergi terhadap debu.

Horovitz kembali menekankan untuk bisa menjaga jarak aman antara Anda dan kipas angin. Udara dingin mampu menyebabkan kontraksi otot dan bisa menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *