Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Gangguan Pernapasan!

Sodara Fortuna, gangguan pada pernapasan bisa menjadi cara untuk mengidentifikasi kebiasaan hidup anda sehari-hari. Secara sengaja maupun tidak, terkadang kita sering melakukan beberapa kebiasaan buruk yang dapat memberikan berbagai macam pengaruh pada kondisi kesehatan kita. Sudah banyak sekali kebiasaan buruk yang dapat berdampak pada kesehatan tubuh kita. Selain itu ada juga berbagai jenis kebiasaan buruk yang juga dapat berdampak pada pernapasan kita.

Dibawah ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang dapat berdampak buruk pada pernapasan, yaitu:

  • Merokok

Kebiasaan merokok merupakan penyebab utama dari munculnya berbagai masalah pada sistem pernapasan. Selain itu merokok tidak hanya bisa menyebabkan masuknya berbagai racun dalam paru-paru sehingga akan berdampak munculnya penyakit kanker paru-paru.

Banyaknya racun dalam rokok dapat tertinggal di dalam dinding paru-paru kita, meliputi nikotin, tar serta karbon dioksida. Sehingga tidaklah mengerankan bila seorang perokok akan sering sekali mengalami gangguan pada sistem pernapasan seperti pneumonia, batuk, serta bronkitis.

  • Minuman beralkohol

minuman beralkohol

Bila seseorang sering minum minuman beralkohol, maka ia akan mengalami kerusakan pada sistem kekebalan tubuhnya. Dan bila sistem kekebalan tubuhnya lemah, maka akan banyak sekali organ-organ tubuhnya yang mengalami infeksi dengan sangat mudah, baik itu infeksi pada organ hati maupun infeksi pada sistem pernapasan yang cara penularannya sangat mudah sekali.

Saat terjadi infeksi karena virus maupun bakteri, tidak hanya sel-sel tubuh saja yang akan diserang, namun flafelin yang terdapat pada bakteri yang bersifat racun nantunya juga akan memperparah kondisi alergi sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah gangguan pernapasan seperti sesak napas, lendir maupun batuk.

Di samping itu, orang yang suka minum minuman keras dalam waktu yang cukup lama, nantinya akan mengalami kardiomiopati yaitu adanya kelemahan pada otot jantung. Otot jantung yang lemah tidak dapay memompa darah yang cukup banyak untuk menutrisi berbagai organ-organ tubuh termasuk organ paru-paru. Hal seperti akan dapat mengakibatkan kelelahan, napas menjadi pendek-pendek serta sulit untuk bernapas.

  • Kurang istirahat

Istirahat yang cukup merupakan hal yang sangat penting, agar sistem imunitas tubuh dapat berfungsi dengan baik. Saat tubuh beristirahat, tubuh kita akan mengembalikan dan memperbaiki semua sel-sel tubuh, termasuk berbagai jaringan tubuh yang berperan dalam memproduksi sel-sel kekebalan tubuh. orang yang kurang istirahat, umumnya rentan sekali untuk mengalami masalah gangguan pernapasan seperti penyakit asma, yang umumnya muncul karena adanya infeksi maupun karena alergi.

  • Kurang olahraga
berolahraga

Bila anda selalu merasakan badan anda kurang fit, bisa jadi hal seperti ini terjadi karena anda kurang olahraga maupun kurang melakukan aktivitas fisik, sehingga menyebabkan peredaran darah menjadi tidak lancar dan mengakibatkan sel-sel, jaringan serta organ tubuh anda tidak ternutrisi secara sempurna.

Kurang olahraga juga bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh menalami gangguan serta rentan sekali mengalami infeksi. Dan penyakit flu merupakan salah satu gangguan pernapasan yang sangat umum dan mudah sekali menyerang manusia karena kurang olahraga.

  • Stres

Hormon stres yang kadarnya sukup tinggi dapat menimbulkan adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuh seseorang. Hal seperti ini akan mengakibatkan sistem metabolisme serta daya tahan tubuh menjadi menurun. Menurunnya daya tahan tubuh akan dapat mengakibatkan munculnya infeksi serta gangguan pada sistem pernapasan. Selain itu, tanpa kita sadari stres juga dapat menyebabkan adanya penyempitan pada saluran pernapasan serta dapat memicu penyakit asma.

  • Kurang cairan

Air sangat penting bagi tubuh kita. Tanpa air, maka organ-organ dalam tubuh kita akan mengalami penurunan sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Jika tubuh kita kita ibaratkan dengan mesin, maka air adalah olinya. Tanpa adanya oli, maka mesin menjadi seret dan cepat rusak. megitu juga dengan tubuh kita. Bila tubuh kita bekerja terlalu berat, tanpa adanya air yang cukup, maka organ-organ tubuh kita termasuk organ pernapasan akan mengalami aus dalam waktu cepat maupun lambat. Hal seperti ini akan memicu timbulnya berbagai masalah seperti gangguan pernapasan.

  • Kurang buah dan sayuran

Selain  tubuh kita memerlukan lemak, protein serta karbohidrat agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh kita juga memerlukan vitamin dan mineral yang terdapat pada buah dan sayuran untuk mengatur berbagai fungsi serta sistem kerja tubuh.

Selain mengandung vitamin dan mineral, buah dan sayuran juga mengandung berbagai zat yaitu antrakuinon, glikosida, flavonoid, karoten, proxeronin, rutin xeronin dan masih banyak lagi.

berbagai kandungan nutrisi yang baik ini tidak hanya dapat menutrisi tubuh kita, namun juga dapat memperbaiki sistem kerja tubuh. Dengan tubuh yang sehat, maka kita akan dapat mengurangi berbagai gangguan kesehatan terutama gangguan pada sistem pernapasan.

 

 

 

Sumber : http://necturajuice.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *