Manfaat Teh Hibiscus (Kembang Sepatu) dan Cara Membuatnya di Rumah

Bunga yang memiliki nama latin Hibiscus rosasinesis ini lebih dikenal orang dengan nama kembang sepatu merupakan bunga yang sangat umum digunakan sebagai tanaman hias.

Teh hibiscus memiliki rasa manis dan asam yang bisa diminum panas atau dingin. Minuman teh herbal ini bisa memberikan manfaat untuk kesehatan .

Apa saja manfaat teh hibiscus?

1. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan zat sapponins yang dimiliki ekstrak kembang sepatu mampu mengikat kolesterol sehingga kolesterol pun tidak lagi ikut terserap ke dalam tubuh. Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang minum teh hibiscus tidak mengalami perubahan kadar kolesterol LDL tapi mengalami peningkatan kadar kolesterol total dan HDL. Namun, masih diperlukan penelitian dalam skala yang lebih besar untuk memastikan manfaat teh hibiscus pada kadar kolesterol.

2. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa minum teh hibiscus dapat menurunkan tekanan darah.

Penelitian ini dilakukan pada 65 orang dengan hipertensi. Peserta dibagi menjadi dua, sebagian diberi minum teh hibiscus dan sebagian lagi tidak. Setelah 6 minggu, peserta yang minum teh hibiscus mengalami penurunan tekanan darah sistolik yang cukup  dibanding yang tidak minum.

Ulasan dari 5 penelitian lain menemukan bahwa teh hibiscus mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik masing-masing, dengan rata-rata 7,58 mmHG dan 3,53 mmHG.

3. Mengurangi rasa sakit PMS

Premenstrual Syndrom (PMS) berlangsung pada wanita ketika menjelang menstruasi di mana terjadi perubahan hormonal yang mengakibatkan suasana hati jadi tak menentu. Untuk mengatasi hal itu, Anda dapat mengkonsumsi teh bunga sepatu agar perasaan jadi lebih rileks.

4. Membantu menurunan berat badan

Hampir kebanyakan orang tentu ingin mempunyai tubuh langsing serta sehat. Tetapi, tumpukan lemak serta kalori dalam tubuh seringkali mengakibatkan kegemukan. Untuk mengatasinya Anda dapat mencoba konsumsi teh bunga sepatu secara teratur.

5. Menyehatkan Rambut

Secara tradisional, perasan daun dari bunga daerah tropis ini bisa digunakan untuk membersihkan rambut. Selain itu, zat yang terkandung di dalam hasil perasan daun kembang sepatu dipercaya dapat memberi nutrisi sehingga rambut pun tumbuh kuat, lebat, dan sehat.

Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian yang menyebutkan bahwa hasil perasan tersebut tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan rambut, namun juga dapat mengatasi masalah kerontokan maupun kebotakan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *